Harus berhati-hati! 7 komponen mobil yang perlu perawatan rutin
1. Oli mesin dan filter oli
Komponen mobil yang pertama adalah oli mesin dan filter oli. Mengingat fungsinya sebagai pelumas mesin untuk pembakaran yang tepat, maka tidak heran jika komponen ini perlu diperiksa dan diperiksa sebagai bagian dari perawatan rutin. Idealnya, jarak tempuh untuk setiap penggantian oli mesin mobil adalah 1.000 km. Tidak hanya oli mesin, filter oli juga harus diperiksa dan diperhatikan agar tidak mengganggu proses penyaringan.
2. Busi
Meskipun ukurannya kecil, busi memiliki peran yang sangat penting sebagai pemantik api pada mobil. Busi yang kotor bisa menyulitkan Anda untuk menyalakan mobil nantinya. Bahkan dengan kondisi busi yang tidak pernah diganti pun, mobil Anda bisa jadi semakin boros. Idealnya, suku cadang mobil yang satu ini harus diganti setelah menempuh jarak tempuh 20.000 km.
Viral : Referensi harga Audi baru dan second
3. baterai mobil
Komponen mobil selanjutnya yang perlu perawatan rutin adalah aki mobil. Secara umum, baterai berfungsi untuk menyediakan listrik di mobil Anda. Jika aki tidak pernah diganti, salah satu efeknya adalah sistem alarm mobil mati dan dashboard mobil juga tidak bisa menyala, sehingga lama kelamaan Anda bisa kesulitan menghidupkan mesin mobil. Idealnya, baterai basah dan kering harus diganti setiap tahun untuk memastikan kinerja maksimal.
4. saringan AC
Filter AC yang kotor atau rusak dapat menyebabkan kinerja AC mobil Anda terganggu sehingga membuat Anda tidak nyaman berada di dalam mobil. Oleh karena itu, jangan pernah mengabaikan komponen mobil yang satu ini. Anda wajib membersihkan filter AC secara berkala dan menggantinya setelah setiap 20.000 km perjalanan mobil Anda.
5. Filter udara
Anda mungkin berpikir bahwa filter udara hanya perlu dibersihkan secara teratur. Membersihkan filter udara secara rutin memang sangat efektif untuk menghemat bahan bakar, namun ada baiknya jika filter udara di mobil Anda diganti setelah jarak tempuh 40.000 km. Apalagi jika Anda sering berkendara di jalan yang berdebu, filter udara yang terlalu kotor dapat menyumbat suplai udara ke ruang bakar mobil. Alhasil, pembakaran yang berlangsung di mobil Anda jauh dari sempurna, membuat konsumsi bahan bakar lebih boros.
Viral: Sedan Elegan, Honda Accord Maestro
6. Kampas rem dan kopling
Komponen mobil yang memerlukan perawatan rutin adalah kampas rem. Komponen mobil yang satu ini memegang peranan penting dalam sistem pengereman mobil Anda. Kampas rem yang tipis dapat menyebabkan sejumlah gangguan yang tentunya akan membuat berkendara Anda tidak nyaman dan aman. Kampas rem yang akan diganti memiliki ciri-ciri seperti bunyi melengking saat pengereman, kurang dari batas normal minyak rem dan pedal rem yang lebih dalam dari biasanya. Idealnya, penggantian bagian kampas rem mobil terjadi setelah jarak tempuh 20.000 km.
Selain kampas rem, kampas kopling juga perlu mendapat perhatian khusus. Hal ini karena fungsinya untuk menyalurkan tenaga mesin ke ban. Salah satu kekhasan kampas kopling yang akan diganti adalah berkembangnya bau kopling yang khas saat melakukan pengereman di tanjakan. Idealnya, kopling harus diganti setelah menempuh jarak 10.000 km hingga 50.000 km.
7. Ban mobil
Komponen mobil terakhir yang perlu perawatan rutin adalah ban mobil. Biasanya, ban mobil cepat habis ketika Anda melewati terlalu banyak jalan rusak dan berkendara menanjak. Tekstur ban mobil yang mulai menipis dapat menyebabkan gesekan dengan jalan berkurang, membuat mobil Anda sulit untuk bermanuver dan menempatkan Anda pada risiko kecelakaan. Disarankan untuk memilih ban mobil sesuai dengan karakteristik mobil Anda.
Sumber :